Ortu: Operasi Lancar, Kembar Siam Safira-Saqira Kini Dirawat di PICU RSCM

0
1849

Jakarta, Operasi untuk memisahkan bayi kembar siam asal Bengkulu, Safira dan Saqira (4 bulan) berjalan lancar. Orang tuanya menyebut, si kembar kini sudah masuk ruang perawatan.

“Alhamdulillah lancar, selesai tadi sekitar jam 3. Langsung masuk PICU (Pediatric Intensive Care Unit),” kata Sulindri, ibu si kembar kepada detikHealth, Kamis (21/7/2016).

Sulindri mengaku belum tahu berapa lama anak kembarnya akan dirawat di PICU. Yang pasti, istri dari Amrullah Yuzandi ini mengaku bersyukur operasi berjalan lancar.

Kembar siam Safira dan Saqira mengalami perlekatan di perut dengan sebagian hati yang menyatu meski masing-masing berfungsi secara terpisah. Bagian tersulit dalam operasi pemisahan adalah keberadaan pembuluh darah vena porta yang menyeberang di antara hati keduanya.

Sebelum menjalani operasi sejak pukul 08.00 WIB tadi pagi, kembar si Safira dan Saqira telah dirawat selama kurang lebih 3,5 bulan di RS Cipto Mangunkusumo. Sebelumnya, sejak usia 3 hari hingga 1 bulan menjalani perawatan di RSUD M Yunus Bengkulu.

Direktur utama RSCM, dr CH Soejono, SpPD, K-Ger mengatakan kasus ini merupakan kasus kembar siam ke-23 yang diterima RSCM dal 7 tahun terakhir. Pada 22 kasus sebelumnya, operasi pemisahan dilakukan pada 10 kasus, 9 di antaranya berhasil sedangkan 1 kasus tidak berhasil karena ada masalah pada jantung dan ginjal.

LEAVE A REPLY