Agar Tulang Kuat, Bukan Hanya Kalsium yang Dibutuhkan

0
1646

Memiliki tulang sehat dan kuat sering dikaitkan dengan kandungan kalsium yang ada di tubuh. Padahal untuk memiliki tulang kuat, yang dibutuhkan bukan hanya kalsium.

Nutrisionis terkemuka, Emilia E. Achmadi, MS, RD, mengatakan memang kalsium adalah sumber utama kepadatan dan kekuatan tulang. Namun dari komposisinya, tulang tidak hanya diisi oleh kalsium.

Dikatakan Emilia, tulang terdiri dari 70 persen kalsium, 20 persen air dan 10 persen mineral lain seperti kolagen dan vitamin. Ia mengibaratkan tulang seperti bangunan rumah dan kalsium adalah batu bata yang menjadi tembok penyangga.

“Batu bata kalau hanya ditumpuk-tumpuk saja kan kena angin atau tersenggol bisa jatuh. Sama kayak tulang. Kalau hanya kalsium tanpa kolagen, air dan vitamin, cedera sedikit bisa tetap patah,” tutur Emilia, dalam temu media Synergy WorldWide Indonesia, di Jl Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Selsa (19/7/2016).

Dijelaskan Emilia, kebutuhan konsumsi kalsium rata-rata orang dewasa mencapai 1.000 mg per hari. Kalsium dapat diperoleh dari makanan, terutama sayuran hijau,kacang-kacangan dan susu.

Kekurangan kalsium juga bisa ditanggulangi dengan pemberian suplemen. Hal ini dilakukan untuk memastikan tulang memiliki kepadatan ideal sehingga tidak mudah rapuh dan keropos di usia.

Nah, Emilia mengatakan cara terbaik untuk mencegah tulang keropos dan rapuh di usia tua adalah dengan mencukupi kebutuhan kalsium sejak dini. Jika baru minum susu atau makan suplemen kalsium ketika berusia 50 tahun dan menunjukkan gejala osteoporosis, tentunya dampak yang dirasakan akan lebih besar.

Diberitakan sebelumnya, dr Ade Tobing, SpKO menyebut salah satu cara untuk menghindari osteoporosis adalah dengan berjemur. “Vitamin D paling banyak dari sinar matahari. Jangan takut dengan matahari, terutama di bawah jam 9 pagi dan setelah jam 3 sore,” ungkap dr Ade.

Ia menganjurkan setidaknya 10-15 menit berjemur di bawah matahari dengan melakukan aktivitas fisik lainnya. Apabila kekurangan vitamin D, kalsium yang dikonsumsi seperti susu atau keju hanya akan beredar di darah dan tidak masuk ke tulang.

LEAVE A REPLY