Alasan Kenapa Minum Air Dingin Lebih Menyegarkan Dibanding Air Hangat

0
1503

Jakarta, Prof Dr Ir Hardinsyah, MS, pakar gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) mengatakan air dapat terserap lebih cepat jika memiliki suhu yang sama dengan tubuh. Oleh karena itu jika seseorang minum air dingin saat haus maka sebetulnya tubuh akan berusaha menyamakan suhu terlebih dahulu membuat penyerapan berjalan lebih lambat.

Namun demikian tetap saja banyak orang menyukai minum air dingin ketika haus karena dianggap lebih menyegarkan.

Peneliti dari University of California berusaha menjelaskan mengapa fenomena ini terjadi dan menghubungkannya dengan kerja saraf. Dalam studi terbaru yang dipublikasi di jurnal Nature, peneliti melihat tampaknya di otak terdapat sirkuit pengatur rasa haus yang bisa aktif atau mati sesuai suhu mulut.

Baca juga: 4 Manfaat Kebiasaan Minum Air Dingin untuk Kesehatan

Zachary Knight selaku salah satu peneliti mengatakan ketika tikus laboratorium dites untuk merasa haus ada sel otak bernama subfornical organ (SFO) yang menjadi sangat aktif. Begitu para tikus minum aktivitas pada area otak tersebut pun turun.

Peneliti menduga kuat bahwa sel SFO ini merespons langsung apa yang terjadi di mulut terutama dari sisi temperatur.

“Aktivitas saraf ini naik dan turun sangat drastis ketika makan dan minum didasari aktivitas rongga mulut,” kata Knight seperti dikutip dari BBC, Senin (8/8/2016)

“Cairan yang dingin dapat menghalangi neuron ini lebih cepat. Bahkan faktanya cukup dengan mendinginkan mulut tikus sudah cukup untuk menghentikan aktivitas neuron haus ini tanpa perlu ada konsumsi air,” pungkas Knight.

Baca juga: 4 Manfaat Kebiasaan Minum Air Hangat untuk Tubuh(fds/vit)

LEAVE A REPLY