Awas! Bukan Cuma Kanker Serviks, Penyakit-penyakit Ini Juga Bisa Dipicu oleh HPV

0
665

Jakarta, HPV atau Human Papillomavirus lebih dikenal sebagai penyebab kanker serviks. Namun faktanya, selain itu virus ini juga bisa menimbulkan penyakit-penyakit berbahaya lain.

Menurut Prof Dr dr Samsuridjal Djauzi, SpPD dari RS Cipto Mangunkusumo, HPV juga benar adanya dapat menyebabkan berbagai jenis penyakit lain selain kanker serviks. Di antaranya kanker penis, kanker vulva, kanker anal dan kutil kelamin.

“HPV adalah virus yang mudah ditularkan. Ditularkan 85 persen melalui aktivitas seksual dan sisanya dari rute non-seksual,” ujar Prof Samsuridjal dalam temu media Indonesia Working Group (IWG)-HPV di Salemba, Jakarta, Jumat (16/9/2016).

Ada sekitar 130 tipe HPV, sebagian bersifat onkogenik atau dapat menimbulkan kanker, sebagian lagi bersifat non-onkogenik.

Dari sekian banyak tipe HPV, ada empat tipe HPV yang sering menginfeksi manusia yaitu tipe 16 dan 18 yang menyebabkan lebih dari 75 persen kasus kanker serviks. Sementara tipe 6 dan 11 menyebabkan lebih dari 90 persen kasus kutil kelamin.

Pada sebagian besar orang yang terinfeksi HPV, namun memiliki kekebalan tubuh yang cukup baik, tubuh akan mampu membersihkan virus tersebut. Namun bagi sebagian orang yang tidak memiliki kekebalan tubuh baik, virus ini mampu bertahan di dalam tubuh dan memengaruhi sel. Pada akhirnya, perubahan sel ini kemudian berkembang menjadi kutil kelamin atau penyakit terkait HPV lainnya.

(ajg/up)

LEAVE A REPLY