Ingin Mulai Program Diet? Ini 3 Langkah Pertama yang Harus Dilakukan

0
1442

Melakukan program penurunan berat badan memang susah-susah gampang. Perlu ketekunan dan perencanaan yang tepat agar berat badan yang turun tidak naik lagi di kemudian hari.

Menurut nutrisionis terkemuka, Emilia E. Achmadi, MS, RD, yang sulit dari program penurunan berat badan adalah menjaga konsistensinya. Sedangkan untuk memulai program diet penurunan berat badan, menurutnya cukup mudah. Yakni dengan melakukan tiga hal. Apa saja?

“Pertama itu mengurangi gula di minuman. Kedua menjauhi gorengan. Dan Ketiga mengurangi santan. Tiga ini aja dulu nggak usah ribet-ribet metode diet yang macam-macam kalau baru mau memulai,” tutur Emilia dalam temu media Synergy WorldWide Indonesia, di Jl Jenderal Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (19/7/2016).

Beberapa metode diet menurut Emilia memang cukup merepotkan. Diet mediterania yang banyak mengandung kacang dan minyak zaitun menurutnya kurang cocok dengan kebiasaan orang Indonesia. Diet paleo yang tinggi protein hewani dirasa cukup mahal.

Maka dari itu, diet sederhana dengan mengurangi gula di minuman, menjauhi gorengan dan mengurangi santan cukup memiliki dampak. Sebabnya, ketiga hal ini sangat lekat dengan makanan sehari-hari masyarakat Indonesia.

“Orang kita kan habis makan minumnya es teh manis. Udah gitu apa-apa digoreng, mau daging, ikan, ayam, tempe dan tahu digoreng. Padahal kan bisa habis makan minumnya air putih atau teh tawar, dan lauknya dibakar atau disteam,” urai Emilia.

Soal metode diet yang saat ini semakin banyak, Emilia hanya menggelengkan kepala. Menurut jika ada metode diet yang susah, mahal dan mengeliminasi kelompok makanan tertentu, bisa dipastikan metode diet tersebut kurang sehat.

LEAVE A REPLY