Harus Menetaskan Berapa Butir Telur Pokemon untuk Bisa Langsing?

0
1376

Jakarta, Pokemon Go digadang-gadang sebagai game yang mempromosikan aktivitas fisik. Pembakaran kalori yang terjadi saat memainkan game ini bisa dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan.

Jumlah kalori yang terbakar saat memainkan Pokemon Go ditentukan banyak faktor. Berapa banyak monster yang tertangkap tidak bisa menjadi ukuran karena kemunculannya sangat acak. Kadang cukup berjalan kaki sebentar untuk bisa menangkap banyak monster, tapi kadang sebaliknya.

Satu-satunya aktivitas dalam permainan ini yang bisa menjadi patokan untuk menghitung pembakaran kalori adalah menetaskan telur. Ada 3 jenis telur yang tersedia, yakni telur berlabel 2 km, 5 km, dan 10 km. Jenis terakhir jarang ditemukan dibandingkan telur 2 km dan 5 km.

Telur 2 km berarti harus ditetaskan dengan cara berjalan kaki sejauh 2 km menurut perhitungan GPS (Global Positioning System). Begitu juga dengan telur 5 km dan 10 km, masing-masing harus ditetaskan dengan cara berjalan kaki sejauh 10 km.

Perhitungan jarak untuk keperluan menetaskan telur tidak bisa dicurangi, misalnya dengan cara naik ojek atau kendaraan lainnya. Pergerakan untuk menetaskan telur dibatasi maksimal 20 miles/jam atau sekitar 30 km/jam. Lebih dari itu, telur tidak menetas.

Walau belakangan banyak diperdebatkan oleh para ilmuwan, penurunan berat badan sebesar 1 pound atau sekitar 0,45 kg diyakini membutuhkan pembakaran sebanyak 3.500 kalori. Berdasarkan asumsi ini, maka bisa dihitung berapa butir telur Pokemon yang harus ditetaskan untuk bisa mendapatkan tubuh langsing.Kementerian Kesehatan Amerika Serikat menyebut bahwa menetaskan 1 butir telur 5 km bisa membakar sekitar 300 kalori. Eksperimen yang dilakukan detikHealth dengan berlari sejauh 4,67 km di jogging track Gelora Bung Karno Senayan membuktikan bahwa perkiraan tersebut cukup akurat.

Jika pergerakan sejauh 5 km membakar 300 kalori, maka dibutuhkan pergerakan sejauh 58 km untuk menghasilkan pembakaran sebesar 3.500 kalori. Artinya untuk bisa turun bobot sebesar 0,45 kg, seseorang perlu menetaskan sebanyak 11 telur Pokemon berlabel 5 km.

Perhitungan yang sama juga berlaku untuk telur berlabel 2 km. Untuk menurunkan bobot 0,45 kg, dibutuhkan sekitar 29 butir telur berlabel 20 km.

Lalu apa yang perlu diperhatikan sebelum mencobanya? Satu hal, angka-angka tersebut hanya perkiraan. Dalam praktiknya, ada banyak faktor yang berpengaruh. Sering berhenti saat menetaskan telur, baik untuk menangkap monster maupun mengambil bonus di PokeStops, tentu berpengaruh pada pembakaran kalori.

Rumit bukan? Itulah sebabnya, olahraga secara teratur dan terukur lebih menjamin kesehatan dibandingkan dengan hanya mengejar-ngejar monster virtual.

 

LEAVE A REPLY