Penjelasan Ahli di Balik Munculnya Alergi Air yang Unik

0
92

Jakarta, Alergi ada banyak macamnya mulai dari yang umum seperti alergi makanan hingga yang sulit dijelaskan seperti alergi air. Rachel Warwick dari Inggris contohnya adalah orang dengan kondisi unik alergi terhadap air ini.

Disebut juga dengan nama aquagenic urticaria, Marcus Maurer dari European Centre for Allergy Foundation (ECARF) mendeskripsikan kondisi alergi terhadap air bisa berdampak sangat besar untuk pasien. Pada kasus Rachel misalnya ia tidak bisa berlama-lama mandi serta minum air dingin sebab menyesap sedikit air saja bisa membuat tenggorokannya bengkak.

“Dalam hal mengganggu kualitas hidup, kondisi ini adalah salah satu penyakit kulit terburuk yang bisa Anda miliki,” kata Maurer seperti dikutip dari BBC, Sabtu (17/9/2016).

Apa yang menjadi penyebab munculnya alergi air belum diketahui pasti namun ada beberapa teori yang bisa menjelaskan. Maurer mengatakan dari beberapa studi diketahui tampaknya bukan kandungan dari air itu sendiri yang menjadi sumber masalah.

Reaksi imun berlebih (alergi) muncul lebih karena suatu hal yang sudah ada di dalam diri seorang pasien.

Teori pertama menyebut ketika air berinteraksi dengan permukaan kulit terluar, jaringan kulit mati dan senyawa minyak yang ada akan melepaskan komponen racun sehingga memicu alergi. Sementara itu teori lainnya menyebut air bisa membuat senyawa kimia yang sudah ada di lapisan kulit terluar menjadi lebih bisa merembes masuk ke pori-pori dan memicu alergi.

Untuk mengobati alergi air Maurer menyarankan menggunakan obat untuk asma bernama Omalizumab. Alasannya karena obat bekerja dengan menghalangi antibodi IgE yang bertanggung jawab terhadap alergi sehingga reaksi dapat dihindari meski zat pemicunya tidak diketahui pasti.

Tes pada seorang wanita 48 tahun di Agustus 2009 menunjukkan pemberian obat dapat menghilangkan gejala dalam waktu sebulan.

“Sungguh menakjubkan. Maksud saya obat ini benar-benar pembalik keadaan,” pungkas Maurer yang mengatakan kemungkinan obat dapat digunakan juga untuk alergi unik lainnya.

LEAVE A REPLY