Cegah Kanker Serviks, Vaksinasi Bisa Diberikan Sejak Anak Usia 11 Tahun

0
126

Jakarta, Salah satu upaya efektif mencegah kanker serviks adalah dengan vaksinasi. Jangan tunda, vaksin bisa diberikan pada anak berusia mulai 11 tahun.

Demikian disampaikan Prof Dr dr Samsuridjal Djauzi, SpPD dari RS Cipto Mangunkusumo, dalam temu media Indonesia Working Group (ICW)-HPV di Salemba, Jakarta, Jumat (16/9/2016).

“Pencegahan primer adalah dengan vaksinasi. Langkah ini akan lebih bermanfaat jika dilakukan pada orang yang masih muda. Bisa dimulai pada usia sekitar 11 tahun,” ujar Prof Samsuridjal.

Vaksinasi Human Papillomavirus (HPV) disebutkan dapat meningkatkan kekebalan tubuh terhadap virus HPV. Ini merupakan tindakan pencegahan primer yang juga direkomendasikan oleh WHO.

Vaksin yang digunakan berupa vaksin HPV quadrivalent, yang tidak mengandung virus dan tidak terbuat dari HPV. Bahan aktif vaksin HPV adalah protein yang mirip dengan yang ditemukan dalam HPV. Protein rekayasa genetika ini kemudian diawetkan dan dicampur ke dalam solusi berbasis air steril.

Menurut Prof Samsuridjal, vaksin HPV quadrivalent dapat diberikan kepada anak laki-laki dan perempuan. Idealnya vaksin diberikan sebelum seseorang aktif secara seksual.

“Selain itu, pada usia tersebut tubuh anak-anak masih rentan dan masih dalam masa tumbuh kembang, sehingga mudah terkena infeksi,” sambungnya.

Interval pemberian vaksin HPV quadrivalent adalah 0, 2, 6. Vaksin kedua diberikan dua bulan setelah pemberian vaksin pertama, sementara vaksin ketiga diberikan minimal enam bulan setelah vaksin kedua.(ajg/up)

LEAVE A REPLY