Jangan Terlambat, Sukses Menyusui Perlu Persiapan Sejak Hamil

0
1411

Jakarta, Keberhasilan menyusui memerlukan proses belajar, terutama oleh ibu. Jangan tunda sampai setelah melahirkan, persiapan sukses menyusui harus dimulai sejak proses kehamilan.

Satgas ASI Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dalam penelitiannya menemukan 9 dari 10 ibu berniat memberikan ASI, namun hanya 49,8 persen yang berhasil menyusui eksklusif selama 6 bulan. Salah satu penyebabnya adalah kurang persiapan.

Ya, sukses menyusui sebenrnya justru berawal pada persiapan sebelum persalinan, diikuti dengan proses inisiasi menyusu dini (IMD) segera setelah bayi lahir.

Baca juga: Ketika Menyusui di Tempat Umum Jadi Tantangan Tersendiri bagi Para Ibu

Kurangnya informasi mengenai pentingnya menyusui dan IMD menjadi faktor penting yang kemudian memengaruhi kemampuan ibu dalam menyusui. Tak sedikit ibu saat ini yang menganggap IMD bukanlah hal yang penting dan tidak melakukannya.

Rawat gabung ibu dan bayi selama 24 jam juga merupakan salah satu hal penting untuk menunjang keberhasilan menyusui eksklusif. Oleh sebab itu sejak kehamilan ibu dianjurkan untuk teliti memilih fasilitas rumah sakit, apakah menyediakan rawat gabung atau tidak.

Akibatnya, bonding atau ikatan antara ibu dan bayi menjadi kurang. Awal proses menyusui pun bisa terhambat. Padahal bayi yang tidak disusui memiliki risiko berbagai macam kerentanan terhadap penyakit.

“Iya bayinya nanti jadi lebih rentan kena penyakit, kemampuan kognitifnya juga jadi tidak optimal. Kerentanan ini terjadi pada sistem imun, obesitas, diabetes, infeksi saluran napas, hingga penyakit usus,” ujar dr Yovita Ananta, SpA, IBCLC, MHSM, dari Rumah Sakit Pondok Indah, dalam seminar media yang diadakan Satgas ASI IDAI di Kantor IDAI, Salemba, Jakarta Pusat, Selasa (16/8/2016).

Oleh sebab itu, dr Yovita berpesan agar para ibu mulai aktif mempelajari tentang proses menyusui sebaiknya sejak masih hamil. Ini supaya saat pasca persalinan, awal fase menyusui bisa dilakukan dengan lancar melalui IMD.

Baca juga: Beragam Manfaat Menyusui bagi Kesehatan Ibu(ajg/vit)

LEAVE A REPLY