Saat Menyusui, Makan Makanan Pedas Bikin ASI Ikut Terasa Pedas?

0
1477

Jakarta, Salah satu hal yang paling dihindari oleh ibu menyusui adalah konsumsi makanan pedas. Ini karena mereka beranggapan bahwa terlalu banyak makan makanan pedas dapat membuat ASI ikut terasa pedas bagi bayi.

Padahal menurut dr Meta Hanindita, SpA, makanan pedas turut membuat ASI menjadi terasa pedas hanya mitos. Faktanya, rasa ASI tidak semudah itu berubah-ubah.

“Cabai yang biasa digunakan sebagai bumbu makanan pedas mengandung capsaicin. Nah, ada beberapa bayi yang memang sensitif terhadap zat ini. Karena sensitif, maka jika ibu mengonsumsi makanan pedas, bayinya bisa mencret,” ujar dokter yang praktik di RSUD Dr Soetomo Surabaya ini kepada detikHealth.

Baca juga: Puluhan Kilometer Ditempuh Demi Memberi ASI Perah untuk si Kecil

Namun meskipun demikian, ada baiknya memang mencoba terlebih dahulu. Jika memang bayi tidak sensitif terhadap zat ini dan tidak ada yang berubah dari pola buang air besar bayi, maka ibu bisa kok makan makanan pedas.

“Untuk makanan asam juga mitos. Tidak berarti jika ibu makan asam, lalu anak akan mencret,” imbuhnya.

Sementara itu, konselor menyusui dari Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI), Farahdibha Tenrilamba, menyebutkan bahwa rasa ASI dipengaruhi oleh makanan yang diasup ibu. Apalagi, pada ASI ada semua rasa kecuali manis. Dalam artian, rasa yang terlalu manis seperti gula atau cokelat.

Nah, dari informasi-informasi tersebut bisa dikatakan tak masalah jika ibu menyusui mengonsumsi makanan pedas, namun sebaiknya sesekali saja dan tak berlebihan. Yang tak kalah penting, perhatikan kebersihan dan kualitas makanan yang dikonsumsi. “Ini agar ibu tak mudah terserang penyakit dan menurunkan kuantitas ASI,” pesan dr Meta.

Baca juga: BJ Habibie Terkenang Saat Dukung Ainun Beri ASI pada Anaknya

(ajg/vit)

LEAVE A REPLY