Saat si Kecil Berulah untuk Dapatkan Perhatian, Sebaiknya Diabaikan Saja

0
1434

Jakarta, Pernah mendapati si kecil yang berusia 2-3 tahun berulah demi mendapat perhatian orang tuanya? Kadang orang tua berhenti sebentar dari aktivitas yang sedang dilakukan, lantas memberi peringatan pada anak. Namun ini bukan cara tepat mengatasi anak yang berulah untuk mendapatkan perhatian.

“Ya diabaikan aja, ketika mereka melakukan sesuatu yang kita nggak ingin mereka melakukannya, jangan dikasih perhatian,” saran psikolog anak dan remaja dari RaQQi – Human Development & Learning Centre, Ratih Zulhaqqi.

Jika orang tua justru memberi perhatian pada anak saat berulah, meskipun itu melalui sikap memberi peringatan, maka anak akan semakin menjadi-jadi. Tapi ingat, jika anak tenang melakukan sesuatu saat orang tua sedang melakukan aktivitas di rumah, jangan lupa memberi perhatian dengan sekadar bertanya apa yang dia lakukan. Ini penting agar anak tetap merasa mendapat perhatian tanpa perlu berulah.

Baca juga: Ketika si Kecil Sedang Gemar Mencari Perhatian

Dikutip dari Texas Woman’s University, dalam benak seorang anak, mendapat perhatian dari orang tua, meskipun perhatian itu dalam bentuk kemarahan, dianggap lebih baik ketimbang sama sekali tidak mendapat perhatian. Karena itu, jika orang tua selalu merespons saat anak berulah, meskipun itu dengan kemarahan, bisa membuat anak cenderung terus melakukan kesalahan dalam upaya mendapatkan perhatian.

Jika ulah anak kian menjadi-jadi, yang perlu dilakukan orang tua adalah dengan memberikan konsekuensi ketimbang hukuman. Ratih mencontohkan, jika anak berusaha mencari perhatian dengan tidak mau segera mandi dan malah lari-lari ke sana ke mari, maka konsekuensinya waktu main selanjutnya ditiadakan. Ini karena waktu main sudah dihabiskan di hari ini.

“Jadi orang tua itu bukan memberikan hukuman, tapi ini mengenalkan konsekuensi. Jadi setiap apa yang mereka perbuat akan ada akibatnya,” imbuh Ratih.

Baca juga: Yuk Kenali, Hal-hal Ini Juga Bisa Bikin si Kecil Tantrum(vit/rdn)

LEAVE A REPLY